Kamis, 03 Februari 2011

Kepala Pengelola Sertifikasi Guru

. Kamis, 03 Februari 2011

IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia ~> Kepala Pengelola Sertifikasi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof DR H Eko Hadi Sugiono MSi mengungkapkan, pihaknya memperketat persyaratan kelulusan guru yang mengikuti sertifikasi melalui jalur portofolio. Begitu juga yang melalui jalur PPG,yang dikhususkan untuk para calon guru lulusan sarjana kependidikan. Namun, pihaknya juga menambah kuota sertifikasi guru di Kabupaten Sidrap tahun ini menjadi 75%.

"Syarat kelulusan jalur ini cukup ketat.Maksudnya,nanti benarbenar tercetak guru profesional, sebagaimana tuntutan Undang- Undang No 14/2005 tentang Guru dan Dosen," kata dia saat menjadi pembicara dalam acara sosialisasi sertifikasi guru 2011 di Ruang Pola Kantor Bupati Sidrap yang dihadiri kalangan guru calon penerima sertifikasi, akhir pekan lalu. Bertambahnya kuota sertifikasi guru membuka peluang lebih besar bagi para guru mengikuti program tersebut.Terlebih, hingga kini guru yang tersertifikasi baru 23% dari jumlah total 2,7 juta guru yang terdata di Indonesia.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang diterapkan sejak 2006 dan diperuntukkan bagi guru yang tidak lolos portofolio, ada perubahan dengan memperbanyak workshop, subjek spesifik pedagogik, dan memperbaiki pelaksanaan pembelajaran (peer teaching). Sementara itu, jumlah peserta calon guru sertifikasi sesuai kuota di Sidrap tahun ini 299 orang,terdiri atas kalangan SDLB 2 orang,TK 10 orang, SD 188 orang, SMP 58 orang, SMA 21 orang, dan SMK 20 orang. Sementara itu, yang sudah menyandang status sertifikasi, dari pengawas 17 orang,TK 47 orang,SD 593 orang,SMP 371 orang,SMA 210 orang,SMK 8 orang.

"Jadi jumlah total PNS dan non- PNS sebanyak 1353 orang, belum termasuk para calon penerima sertifikasi yang mengikuti pencerahan di Ruang Pola Kantor Bupati tersebut.Jadi totalnya sekitar 1353 orang," papar Kepala Dinas Pendidikan melalui Kepala Bidang Dikdas Mikhdar Mahmuddin.

0 komentar: